Category Archives: Other

Biar Mantep Dulu

Tadi siang saat saya sedang kuliah di kampus tercintah ehehe, kebetulan saya bertemu dengan teman saya yang sedang mengantar istrinya yang satu kampus juga dengan saya. Biasa lah, kita awalnya ngobrol-ngobrol ringan, mengenai pekerjaan, dakwah … dan akhirnya mulai deh membahas nikah .

Awalnya ketika itu istrinya yang sedang ingin sholat menitipkan anaknya ke teman saya itu, “Bi, Umi mau sholat dulu.” Kata istri temen saya itu. Setelah itu dia menghampiri istrinya dan menggendong anaknya itu dari istrinya.

Kemudian dia bilang, “Yu, pengen juga punya beginian -anak maksudnya-” Saya cuma bisa tersenyum aja deh, padahal dalam hati bilang, “Ya pengen lah mas, siapa coba yang gak pengen punya anak.”

Gak lama berselang, temen saya mengatakan hal lain lagi, “Biar mantep dulu yu, supaya nanti istrinya juga mantep.” Jleb!! dalam hati saya. Ia juga dia bilang begitu sih, cuma saya ngaca juga … aku mah apa atuh. Ya, seenggaknya pernyataan temen saya itu emang ada benarnya, tergantung kita menyikapinya aja. Kalau saya sih woles, aja. Gak terlalu dipikirin, kalo gak dipikirin ngapain coba pake nulis di blog ehehehe. Serius deh, yang penting sih kita jalan, action, untung mengejar yang didamba, walau masih dalam alam ghaib namanya, eh udah ada, cuma belum ketemu.

Yang penting sih, kita selalu aja mendekat kepada Allah dan selalu introspeksi diri, berharap yang terbaik diberikan oleh Allah. Masa kalau kita minta jodoh yang bacaan qur’annya bagus, kita gak bisa baca qur’an kan aneh namanya. Kita ingin pasangan yang dakwahnya luar biasa, tapi kita sering mager alias males gerak. Pengen pendamping hidupnya pinter, intelek, nah kita malah males baca, haduh malu deh! Ini sekedar sharing aja ya, gak usah dimasukin ke dalam hati, masukinnya ke dalam hati yang terdalam, sama aja kali. Sebagai seorang yang masih jomblo, saya banyak belajar dari kawan yang sudah menikah, dari pengalaman hidup orang lain, dan masih banyak hikmah dan pelajaran yang pastinya bisa kita petik, hidup ini sebenarnya adalah madrasatu al hayah atau sekolah kehidupan, yang kita bisa belajar banyak darinya. Jadi teringat kata-kata seorang abang yang datang jauh-jauh dari Riau, pernah bilang, “Kita belajar dari pengalaman orang lain, tanpa harus melakukan.” wiiih dalem, sedalam cintamu padanya! [wahyunugrohox]

Bersama Berjuang Untuk Islam

bersatu-perjuangkan-islamSaat ini kebutuhan umat terhadap adanya khilafah sudah tidak bisa dipungkiri lagi.
Berbagai masalah yang menimpa umat sudah jelas sejelas-jelasnya terjadi secara sistemik (baca: akibat penerapan demoKERAsi), kecuali seorang yang buta, tuli tidak akan melihat realitas ini, karena hati-hati mereka sudah dikeraskan oleh Allah.

Kemudian, pada saat yang sama menegakkan khilafah adalah sebuah kewajiban, bahkan ia adalah mahkotanya kewajiban, ketiadaannya adalah ummul jaraim atau induknya kejahatan. Para ulama ahlussunnah pun tidak ada perbedaan dalam hal ini, kecuali mereka yang tidak mengikuti para ulama ahlussunnah, bahkan mu’tazilah dan jabbariyah pun bersepakat akan kewajiban mengangkat imam/khalifah -yang pada saat bersamaan khilafah akan berdiri dengan diangkatnya imam/khalifah- kecuali mereka adalah pengikunya al ‘asham, buta dan tuli terhadap syariat .

Ketika problematika umat yang sudah sangat parah, dan ada kewajiban menegakkan khilafah apa yang harus kita lakukan? Continue reading

Kenapa Semua Orang Perlu Berpikir Seperti Seorang Ilmuwan?

Di sini gue mau nunjukin salah satu habit yang bagus banget untuk lo biasain dari sekarang supaya lo punya pola pikir seperti ilmuwan. Nggak peduli apakah lo akan punya profesi jadi ilmuwan atau enggak, menurut gue habit ini penting sih.

Sebelum gue kasih tau habit/kebiasaan yang gimana yang penting untuk lo kuasain, gue mau tunjukin lo satu video dulu deh. Ini videonya Derek Muller. Dia datengin beberapa orang di jalan, terus dia nantangin mereka untuk memecahkan soal yang dia punya. Videonya bisa lo lihat langsung di sini: Continue reading