Category Archives: Al Qur’an

IHSANUL ‘AMAL

Setiap muslim pasti ingin amal ibadahnya diterima oleh Allah. Agar amal ibadah diterima oleh Allah, seluruh amal ibadah harus memenuhi kriteria amal yang ihsan atau ihsanul ‘amal, sebagaimana Allah swt. berfirman :

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Mulk: 2)

Menceritakan kepada kami Bapakku, menceritakan kepada kami Muhammad bin Ahmad bin Yazid dan Muhammad bi Ja’far berkata keduanya, menceritakan kepada kami Ismail bin Yazid, menceritakan kepada kami Ibrahim bin Al-’Asy’ats, beliau berkata aku mendengar Al-Fudhail bin ’Iyadh berkata tentang firman Allah: ”Supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya”, beliau berkata: ‘Maksudnya, dia ikhlas dan benar dalam melakukannya. Sebab amal yang dilakukan dengan ikhlas tetapi tidak benar maka tidak akan diterima. Dan jika dia benar, tetapi tidak ikhlas maka amalnya juga tidak diterima. Adapun amal yang ikhlas adalah amal yang dilakukan karena Allah, sedang amal yang benar adalah bila dia sesuai dengan Sunnah Rasulullah”. Continue reading

Kesabaran Pelaku Maksiat…!!!

maksiatSeorang Syaikh bercerita bahwa ia pernah berdakwah di hutan belantara di Afrika dengan menempuh perjalanan kaki yang jauh dan sangat melelahkan. Dalam hatinya dia menyangka bahwa ia telah sabar dan berkorban dengan pengorbanan dan kesabaran yang luar biasa dalam berdakwah. Ternyata ia dikejutkan bahwa dalam hutan belantara tersebut ada seorang wanita bule yang telah bertahun-tahun berusaha melancarkan program kristenisasi. Ternyata kesabarannya dan pengorbanannya masih kalah jauh dari kesabaran wanita bule tersebut !!!

Demikianlah…ternyata pelaku kesyirikan juga bersabar dalam kesyirikan mereka…bahkan bersabar dalam mendakwahkan kesyirikan mereka. Continue reading

Jangan Salah Pilih Teman!

brother in dakwahOleh: Rokhmat S. Labib, M.E.I.

Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si Fulan itu teman akrab (ku).Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Alquran ketika Alquran itu telah datang kepadaku. Dan adalah setan itu tidak mau menolong manusia (TQS al-Furqan [25]: 27-29).

Memilih teman dalam kehidupan bukan perkara yang sepele. Dari temanlah, seseorang banyak belajar dan meniru. Tak aneh, teman memberikan pengaruh besar bagi kebiasaan, kegemaran, karakter, pandangan hidup, ideologi, bahkan agama seseorang. Oleh karena itu, memilih teman yang baik merupakan keharusan. Sebab, teman yang baik dapat menuntun kepada jalan yang benar. Sebaliknya, teman yang jahat hanya akan menjerumuskan kepada kesesatan, penderitaan, dan kesengsaraan di dunia dan akhirat.

Ayat ini memberitakan tentang penyesalan seseorang karena salah dalam memilih teman.

Continue reading

Yuk Belajar Al Qur’an dari “3 Tahu”

belajar qur'anSaat ini kalau kita ngeliat para remaja yang kepikiran itu, pacaran, hafal banyak lagu populer, gaul, modis, atau alay. Kalau ditanya bisa baca Al Qur’an, duh miris banget deh, banyak yang belum bica baca Al Qur’an. Dan yang paling parah itu kenal huruf-hurufnya juga enggak, mendingan kenal kamu deh (eh, hehe). Belajar Al Qur’an mungkin bagi sebagian orang itu ribet, susah, bikin puyeng. Tuh liat hurufnya aja keriting begitu. Ups, tunggu dulu. Belajar Al Qur’an, terutama membacanya itu sebenernya kalau kita jujur gak sesusah yang kita bayangin kok, belajar Al Qur’an itu bisa mudah, gak ribet, asik dan santai. Nah, kita sebagai seorang muslim kan wajib bisa membaca Al Qur’an, dan mengamalkannya tentunya. Kalau bisa paham itu tambah bagus deh. Belajar Al Qur’an pasti diawali dengan belajar membacanya, ia kan?

Ternyata dari banyaknya teori baca Al Qur’an (baca : ilmu tajwid) intinya itu cuma ada 3, dan itulah yang paling penting saat memelajari Al Qur’an. Tiga hal tersebut adalah “3 tahu”, ini istilah saya aja lho, supaya gampang diinget aja dan supaya simple, sekarang kan anak muda pada gak suka yang ribet-ribet, makanya terlahir deh “3 tahu”.

Sebenernya apa aja 3 tahu itu, yups biar gak berterle-tele kita langsung aja menuju si 3 tahu . Cekidot! Continue reading